Langsung ke konten utama

Pengenalan Linux dan debian

Pengertian Linux,sejarah,kelebihan,kekurangan,dan pengertian Debian dan sejarah serta versi


Assalamualakum wr.wb
hallo guys saya di sini sedang prakerin di LKP Metro Techno Solution , yaitu tempat khursus komputer terbaik di lampung. saya akan membuat blog tentang oprasi linux debian

     Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan windows, pasti masih asing dengan istilah Linux. Apalagi istilah Kali Linux. Biasanya perbedaan yang mencolok diantar windows dan linux ialah tampilannya.
    Jika windows tampilannya muncul seperti beberapa ikon pilihan menu, namun di linux tampilannya lebih polos dan pengaturannya kebanyakan harus menggunakan koding lagi. Cocok bagi anda yang ingin belajar hacker.
    Nah, bagi anda para Hacker pasti sudah tidak asing lagi dengan BackTrack, yaitu sebuah distro linux yang bertujuan untuk penetration dan testing keamanan pada sistem jaringan. Kali Linux mempunyai kurang lebih 300 tools yang ada di dalamnya dengan fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas tentang Apa itu Kali Linux Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerjanya.






Apa Itu Kali Linux



        Kali Linux adalah system operasi berbasis debian linux yang di kembangkan oleh offensive Security. Dari segi tampilan Kali Linux memiliki tampilan sederhana dan tidak terlalu mencolok dan penggunaanya pun tergolong cukup mudah, sehingga sangat baik untuk para Pemula dalam melakukan penetrasi pada jaringan. Selain terdapat di PC, Kali Linux juga membuat ROM yang terdapat di Android yang disebut Kali Nethunter yang memiliki fungsi yang sama.
    Kali Linux merupakan reinkarnasi daripada BackTrack, salah satu distri Linux yang diciptakan secara khusus supaya bisa memenuhi keperluan dalam penetration juga testing di sebuah system serta keamanan pada computer. Adanya Kali Linux diperkirakan akan lebih stabil serta powerful dari generasi yang sebelumnya adalah BackTrack
Pengembangan secara penuh sesuai dengan standar pengembangan pada Debian. Perilisan paling barunya sekarang ini yaitu Kali Linux 1.0.7 yang telah rilis pada Mei 2014.
Kali Linux telah dikembangkan serta didanai Offensive Security. Sama dengan pendahulunya yaitu BackTrack. Saat ini Kali Linux telah dikembangkan dengan cara open source serta tentu bisa didapatkan dengan gratis. Anda dapat melakukan perubahan di Kali Linux sesuai dengan keinginan anda, ada banyak lebih dari 300 tools yang harus di penerration testing dalam Kali Linux.
Penampilan yang ada pada system operasi yang mempunyai basis Linux ini dari segi penampilannya sangat sederhana serta tidak mencolok, penggunaan masuk golongan mudah, dengan demikian sangat bagus digunakan untuk pemula yang ingin melakukan penetration di jaringan. Bukan hanya di PC saja, adanya Kali Linux dapat menciptakan ROM yang ada di system Android yang dikenal dengan Kali Nethunter yang punya fungsi sama.

Sejarah Kali Linux

Linux sendiri berarti Unix clone, kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds dan dikembangkan dengan bantuan programer dan hackers dari seluruh dunia.
Linux memiliki semua feature yang dimiliki oleh Unix, termasuk multitasking, virtual memory, shared libraries, demand load, shared copy on write executables, proper memory management dan TCP/IP networking.
Dengan feature sekelas ‘real operating system’ tersebut tidak membuat Linux menjadi mahal harganya, justru Linux dapat diperoleh secara gratis. Kalaupun ada sedikit charge itu hanya sebagai ongkos distribusi atau pembelian cd belaka.




Kelebihan Kali Linux

Nah, setelah mengetahui pengertian dari Kali Linux, Selanjutnya anda wajib mengetahui tentang kelebihan Kali Linux berikut ini :
  1. Stremaing Security serta update package dari repositori Debian
    Sinkronisasi dengan repositori Debian 4 kali sehari, terus memberikan Anda dengan update paket terbaru dan perbaikan keamanan yang tersedia.
  2. Packaging file Debian dari masing – masing tools Kali Linux
    Jadi tool-tool pada Kali linux bisa di gunakan oleh distro yang lain yang masih turunan dari linux Debian, seperti Ubuntu, Blankon, dll
  3. Pemaketan/packaging jangka panjang & sering maintenance pada bug-bug di tools-nya
  4. Bisa menggunakan banyak desktop evironment misal KDE, LXDE, XFCE
  5. Kemudahan update untuk versi kali linux terbaru
  6. Support jangka panjang pada pengembangan jangka panjang pada ARM Hardware
  7. Automatis Instalasi pada Kali
  8. Costum ISO & Boostraps
  9. Dan masih banyak yang lain , tetapi pada dasarnya Kali Linux adalah distro versi 6 dari Backtrack hanya saja di rubah namanya jadi so pasti akan ada kelebihan yang di berikan . Dari kelebihan ini, yang paling mencolok yaitu adanya support yang kuat dari Debian yang merupakan nenek moyang dari Kali Linux.

    Kekurangan Kali Linux

    Kali Linux selain dengan segala kemudahannya karena open source, juga memiliki kekurangan. Yuk, simak kekurangan Kali Linux berikut ini :
    1. Sistem operasi Kali Linux sulit untuk dipelajari, terutama yang belum mempunyai
      kemampuan komputer sama sekali
    2. Belum banyak aplikasi yang mendukung Linux
    3. Tampilan dari sistem operasi ini kurang menarik
    4. Tidak banyak dukungan dari hardware-hardware tertentu

    Fitur – Fitur Kali Linux


    pada backtrack telah ada namun telah di sempurnakan oleh sang developer,berikut fitur fitur nya di bawah ini.


    1. Terdapat 300 lebih alat penetration testing yang telah di sempurnakan.
    2. Gratis sampai kapan pun
    3. Open source git tree
    4. Mengikuti FHS complaint
    5. Dukungan perangkat wireless yang luas
    6. Modifikasi kernel yang sudah di patch untuk injection
    7. Lingkungan pengembang yang aman
    8. Mempunyai banyak bahasa
    9. Dapat di modifikasi sesuka hati
    10. Mendukung ARMEL dan ARMHF.
         Kali Linux merupakan pembangunan kembali BackTrack Linux secara sempurna, mengikuti sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah direview dan dikemas, dan kami menggunakan Git untuk VCS nya.

    Debian (/[invalid input: 'icon']ˈdɛbiən/)            adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linuxmerupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.
    Debian
    Debian OpenLogo
    Tangkapan layar Debian 10
    Debian 10 dengan lingkungan desktop GNOME
    Perusahaan / pengembangThe Debian Project
    KeluargaMirip Unix
    Status terkiniMutakhir
    Model sumberSumber terbuka
    Rilis perdanaSeptember 1993; 26 tahun lalu
    Rilis stabil terkini10.3 (Buster)[1] / 8 Februari 2020; 38 hari lalu
    Ketersediaan bahasa73 bahasa
    Metode pemutakhiranAPT (beberapa antarmuka tersedia)
    Pengelola paketdpkg
    Dukungan platformARMIA-32IA-64MIPSPowerPCPPC64lex86-64z/Architecture[2]
    Jenis kernelMonolitik:
    Linux
    kFreeBSD (in development)
    Micro:
    GNU Hurd (in development)[3]
    Ruang penggunaGNU
    Antarmuka bawaanGNOME
    LisensiDFSG-compliant
    (free softwarelicenses)
    Situs web resmiwww.debian.org
        Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunakbebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.




        Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti UbuntuXubuntuKnoppixMint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.[4]
        Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas PurdueAmerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian.
         Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Softlanding Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) dari nol (Dalam hal ini, Patrick Volkerding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai "Slackware").
         Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai pada tahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996.
        Pada tahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum.
    Di akhir tahun 2000, proyek debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis. Serta pada tahun yang sama para pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan "debconf".
    Di April 8, 2007, Debian GNU/Linux 4.0 dirilis dengan nama kode "Etch". Rilis versi terbaru Debian, 2009, diberi nama kode "Lenny". deb adalah perpanjangan dari paket perangkat lunak Debian format dan nama yang paling sering digunakan untuk paket-paket binari seperti itu.
    Paket debian adalah standar Unix pada arsip yang mencakup dua gzip, tar bzipped atau lzmaed arsip: salah satu yang memegang kendali informasi dan lain yang berisi data. Program kanonik untuk menangani paket-paket tersebut adalah dpkg, paling sering melalui apt/aptitude.
    Beberapa paket Debian inti tersedia sebagai udebs ("mikro deb"), dan biasanya hanya digunakan untuk bootstrap instalasi Linux Debian. Meskipun file tersebut menggunakan ekstensi nama file udeb, mereka mematuhi spesifikasi struktur yang sama seperti biasa deb. Namun, tidak seperti rekan-rekan mereka deb, hanya berisi paket-paket udeb fungsional penting file. Secara khusus, file dokumentasi biasanya dihilangkan. udeb paket tidak dapat diinstal pada sistem Debian standar.
    Paket debian juga digunakan dalam distribusi berbasis pada Debian, seperti Ubuntu dan lain-lain. Saat ini telah terdapat puluhan distribusi Linux yang berbasis kepada debian, salah satu yang paling menonjol dan menjadi fenomena adalah Ubuntu
    Rilis
                               Penginstall Debian
    Tampilan Debian dalam tampilan CLI

        Pada Februari 2011, versi rilis stabil terakhir adalah versi 6.0, dengan kode nama squeeze. Saat versi baru dirilis, versi stabil sebelumnya yaitu versi 5.0 dengan kode nama lennymenjadi oldstable
         Sebagai tambahan, rilis stabil dengan pemutakhiran minor (disebut sebagai titik rilis). Skema penomoran untk titik rilis hingga Debian 4.0 adalah termasuk huruf r (untuk rilis) setelah nomor versi utama (misal: 4.0) diikuti dengan nomor titik rilis; sebagai contoh, titik rilis terakhir dari versi 4.0 (etch) 8 Desember 2010 adalah 4.0.r9. Dari Debian 5.0 (lenny), skema penomoran dari titik rilis telah berubah dan mengikuti standar penomoran versi GNU; jadi, sebagai contoh, titik rilis pertama dari Debian 5.0 adalah 5.0.1 (bukan 5.0r1).
         Tim keamanan Debian merilis pemutakhiran keamanan untuk rilis mayor stabil terakhir, sama seperti dengan versi stabil sebelumnya, selama satu tahun. Versi 4.0 dirilis pada 8 April 2007, dan tim keamanan mendukung versi 3.1 hingga 31 Maret 2008. Untuk penggunaan pada umumnya, sangat direkomendasikan untuk menjalankan sistem yang menerima pemutakhiran keamanan. Distribusi testing juga menerima pemutakhiran keamanan, namun waktunya tidak se-teratur seperti versi stabil.
        Untuk Debian 6.0 (squueze) diumumkan seubah kebijakan pengembangan berbasiskan waktu yaitu membekukan siklus dua tahun. Pembekuan berdasarkan waktu dimaksudkan agar proyek Debian dapat mengakomodasi rilis berdasarkan waktu dengan rilis berdasarkan fitur. Kebijakan pembekuan ini bertujuan agar rilis dapat diprediksikan lebih baik oleh pengguna distribusi Debian, dan memungkinkan pengembang Debian melakukan perencanaan jangka panjang yang lebih baik. Pengembang Debian mengharapkan rilis setiap dua tahun akan memberikan waktu yang lebih banyak untuk perubahan yang besar, mengurangi ketidaknyamanan bagi para pengguna. Dengan memiliki waktu beku yang dapat diprediksi diharapkan dapat mengurangi waktu beku secara keseluruhan. Siklus squeeze dibuat pendek dengan tujuan untuk masuk ke siklus baru. Namun siklus beku pendek ini diacuhkan.
         Kode nama rilis Debian merupakan nama karakter dari film Toy Story. Distribusi unstable diberikan nama Sid, sesuai dengan karakter emosinya yang tidak stabil, tetangga sebelah rumah yang secara teratur menghancurkan mainan. Rilis setelah squeeze akan dinamakan wheezy, nama pinguin mainan karet dalam Toy Story 2.
        Debian telah mengeluarkan sebelas rilis stabil utama:[16]



       kejadian yang melibatkan pemasok CD vendor yang mengeluarkan versi tidak resmi berlabel rilis 1.0, maka rilis resmi 1.0 tidak pernah dibuat.[34] Nama-nama sandi rilis Debian diambil dari nama-nama karakter film Toy Story. Distro yang tidak stabil, dinamakan Sid, yang dalam film tersebut adalah anak tetangga yang mempunyai emosi tidak stabil dan suka menghancurkan mainannya.[35]


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cisco PACKET tercher

Kursus komputer- Metro techno Solution lampung

Cara mengatasi komputer atau laptop hang